Sunday, November 29, 2015

[Review] Lakmé 9to5 Matte Lip Color MR1 Red Coat


Saya demen banget sama lipstik merah atau pokoknya yang red-base, entah itu warm-tone ataupun cool-tone. Walaupun saya punya beberapa lipstik nude dan warna pink atau oranye, tapi kalo hangout ya pakenya selalu merah. Makanya kalo di foto, kaya' nggak pernah ganti lipen. Menurut saya, warna warm-red cocok aja gitu sama skin tone wajah saya, bisa kelihatan seger dan bersinar dan seksyeh. halah..

Jadi, tiap kali baca review bagus tentang brand lipstick tertentu, atau lihat katalog, atau pas jalan tipis-tipis di store yang di kepoin pasti lipstick merahnya duluan. Kalopun lagi perlu banget warna lain, minimal harus ada 1 bijih yang merah kebeli juga. 

Kali ini saya mau cerita tentang lipen baru saya, yaitu Lakmé 9to5 Matte Lip Color yang merupakan brand lokal make up India. Awalnya saya tau Lakmé dari iklan TV, mbak Kareena Kapoor tiap menit monyong-monyong pamer bibir sekseh nya pake Lakmé Absolute Lip Pout yang bentuknya kaya' spidol, dimana bentuk lipstik begini lagi booming banget. Warna-warna ceria summer yang dipamerin sumpah ketjeh bade banget, walau disini lagi fall-season ya mau masuk winter (Kashmir:red) tapi walau begitu tetep deh mencuri hati banget.


Buka-buka Website dan Online Shop ternyata shadenya banyak banget lho lip pout ini, nggak cuman summer color tapi ada juga warna dark dan nude nya. Entah kenapa yang di iklanin cuman yang warna ini aja. 

Tapi disini saya bukan mau cerita tentang Lip pout ini karena saya gendek banget, iya gendek pol. Saya udah cerita kan gimana sadisnya Diwale Sale disini, nah saya udah wishlist Lip Pout ini yang warna merah, karena harganya yang lumayan (Rs. 500-an setelah diskon) saya memutuskan nyuba satu aja dulu. Waktu itu saya nggak langsung beli, karena masih milah-milih barang lain yang mau dibeli biar sekalian. Selang 2 hari (saya wishlist selasa malam, saya add to chart kamis pagi) daaaan produk nya udah sold out. Coba cari dari penjual lain, atau varian shade lain juga habis. Arrrghhhh...

Akhirnya dengan berat hati, setelah baca ripiuw sana-sini saya alihkan tambatan hati ke varian 9to5 yang di claim ini exclusive series nya product Lakmé. Dan, yak.. saya kepincut warna red coat-nya, apalagi ini matte-lipstick, makin tjintah deh.

Packaging


Dibungkus box kertas warna pinky-peach gitu, di box luar hanya tertera brand, weight dan perusahaan pembuatnya aja tanpa ingridients dan keterangan shade. Lakmé ini di produksi oleh Hindustan Unilever Ltd. Disitu juga tertera tanggal produksi dan warning expired nya, sebelum 2 tahun.


Waktu buka box nya ada yang menarik, jadi selain dibungkus sama box kertas, lipstik nya juga dibungkus sama plastik. Nggak tau sih apa fungsinya, tapi ya ini pengalaman baru aja buat saya. Kaya'nya selama ini belum pernah lihat lipen double packaging begini. "atau saya yang katrok?"

Bentuk kemasan lipstiknya agak oval dan ramping, warnanya sama kaya' warna box. Pinky peach dan glossy, kesannya girly gitu deh tapi juga nggak murahan. Tulisan brandnya warna pink juga, jadi nggak seberapa keliatan jelas. Dibawah ada keterangan warna dan nomor shade. Satu hal, pas buka kemasan lipstik nya butuh tenaga yang agak gede karna dia rapet banget. Rapet disini yang rapet pet pet. Pas nutup juga gitu, klik-nya manteb banget. Keuntungannya sih dia gak bakal mudah lepas dan travel-friendly, tapi kalo pas lagi butuh dandan cepet atau lagi BT, agak kzl juga mungkin ya ngebuka-nya. :D

Texture


Creamy, easy to swatch, satin finish. Gampang banget di apply di bibir, nggak berantakan celoneng sana-sini dan gampang rata. Tapi, karna creamy banget lipennya berasa lembek takutnya sih dia cepet patah. Jadi kalo mau aman, jangan taruh lipstik ini di tempat yang panas atau kelamaan di dalam tas biar nggak makin lembek.

Lipstik ini lumayan bold, jadi sekali swatch warnanya udah langsung keluar.

Shade


Baca dari website Lakmé, shadesnya terdiri dari 2 varian yaitu Red&Browns dan Nude&Mauve. Total semua shades-nya ada 38 macem. Banyak! Tapi, di Flipkart saya nggak ngelihat shades sebanyak itu yang dijual. 


Waktu lihat shade Red Coat ini di Flipkart sih saya nggak terlalu tertarik, tapi setelah baca dan lihat hasil swipe&swatch beberapa blogger akhirnya saya kepingin banget, disamping itu ini satu-satunya shade yang menurut saya keluar merahnya -dan satu-satunya yang nama shades nya pake red-

Warnanya merah dengan hint apa ya begini ini? Saya kok susah ya kalo disuruh njelasin bedanya warna merah yang macemnya buanyak itu, pas baca di blogger sih dia ada hint mocha tapi kok kalo di swatch di tangan saya malah seperti ke oranye ya. Atau saya yang siwer? ada yang mau bantu jelasin nggak? *garuk gigik*. Yang jelas dia masuk ke warm-tone-red.


Swatch Di Bibir

Outdoor, after apply
Indoor, after apply
Outdoor, after 6 hours

Pertama kali dioles ke bibir, kerasa lembut banget dan lancar, mungkin karena lipstik ini sedikit berminyak. Coverage nya bagus, pigmented banget jadi cukup sekali swatch udah langsung muncul warnanya dan nutup bibir, tinggal rapiin dikit selesai deh. Walaupun gampang di swatch tapi lipstik ini juga nggak gampang jembret celenong sana sini, nggak nyeplak di gigi dan nggak patchy.

Staying powernya super banget deh, kalo Coloréssence kemarin juga bagus tapi setelah beberapa jam dipake makmin dia mulai pudar di bagian tengah bibir meninggalkan stain, Lakme 9to5 ini tetep aja setia nangkring di bibir setelah lebih dari 5 jam, padahal saya beberapa kali makan berminyak, ngemil dan banyak minum air plus jilat-jilat. Saya pake sekitar jam 9 pagi, jam 10 malam saya baru bersihin make up lipstik ini masih tetep mengcover bibir saya, hanya saja sudah tidak terlihat kilap minyak dan warna sedikit berubah jadi lebih pudar.

Untuk yang mau kejar tayang acara seharian dan tidak memungkinkan (males) touch up, Lakme 9to5 Matte ini pilihan yang tepat deh. Sayang warnanya terlalu ngeri, dia bold dan cetyar banget. Setelah di foto, saya blot pake tissue beberapa kali sebelum berangkat ke acara, malu ih dikira mau nyinden nanti. wkwkwk

Lipstik ini transfer sesaat setelah di swatch, tapi transfernya nggak lebay, sewajarnya aja. Waktu saya blot pake tissue juga nggak banyak nempel tissue, malah menurut saya cuma minyaknya aja yang berkurang, warnanya tetep aja kereng.

Kesimpulan

Pro:
- Easy to swatch, smooth
- Staying Power ciamik
- Coverage bagus
- Mouisturising, nggak bikin kering

Cons:
- Belum nemu


Olay Total Effects 7 In One Cream
Wardah BB Cream Everyday
MakeOver Silky Smooth Translucent Powder 01 Porcelain
Sophie Martin TWC Golden Beige
Koshize Adorable Color Eye Shadow Phoenix
Oriflame Lash Booster 
Oriflame Smooth Definer Brown
Oriflame Tender Care Blackcurrant
Lakme 9to5 Matte Lip Color MR1 Red Coat

Price: Rs. 450 (saya dapat Rs. 300 setelah diskon)
Repurchase: Pengen nyoba yang Lip Pout.


x.o.x.o
Firii JB


No comments:

Post a Comment