Monday, January 5, 2015

Agrowisata Kasumi. Planatory, Fishery and Resort.


Gerbang Masuk Kasumi
Assalammualaikum.. 

Akhirnya senin datang juga, setelah long-weekend dan libur semester yaa.. bagi yang libur tentunya, untuk yang tidak libur panjang -seperti saya- sabar sambil nyengir aja deh.. huehuehue

Jadi, pada kemana nih liburan kemarin?
Kalo lihat di sosial media, cerita liburan tahun baru yang banyak di upload sama para netizen ada yang liburan bareng keluarga ke luar kota, ada yang dating ama pacar ke tempat wisata, ada yang wisata kuliner, ada yang nonton bioskop, ada yang fams-time dirumah masak bareng, macem-macem keseruannya, dari bebagai macam cara, satu hal yang sama yaitu (inshaaAlloh) semuanya bahagia mengisi liburan natal dan tahun baru kemarin. Alhamdulillah..

Kalo firii, gimana firii liburnya??
Yaah, walau ngga ada pacar (kemudian nangis dipojokan), nggabisa hangout sama temen (karna udah pada nikah semua. hiks), dan ngga keluar kota ke tempat wisata kece, tapi Alhamdulillah firii masih bisa diberi kesempatan menikmati liburan dengan Ayah Bunda yang walaupun sederhana tapi bahagianya luar biasa. Kebersamaan yang tidak ternilai. it's priceless moment, yang walau akan diulang-ulang setiap har-ipun ngga akan bosan. Thanks God!

Hari Sabtu, tanggal 3 kemarin firii rencananya mau keluar sama bunda ngurus beberapa hal kecil disekitaran Jombang aja. Tapi paginya tetiba si Ayah ngajakin ke Pacet (lagi???) karena ada undangan reuni temen-temen Ayah waktu kuliah di IAIN Malang dulu, sebenernya males banget sih tapi karena firii ngga mau dicap anak durhaka jadinya yauda deh ikut, plus sogokan duren.

Jam 8 capcuss dari rumah, lewat Mojoagung-Trowulan. Sampe di Gondang ternyata ngga langsung ke lokasi reuni, tapi mampir dulu ke rumah salah satu temen Ayah. BeTe abeezzz... dari jam 9.30 sampe jam 11 belum ada tanda-tanda berangkat, padahal janjian jam 10.Huftt.

Akhirnya jam 11.15 berangkat ke lokasi. Awalnya sudah ilfeel aja nih, karena lokasi nya masuk jalan perkampungan dan jalanan kecil banget. Tapi.... Makin keatas, makin naik. Woooow... Pemandangan makin bagus dan udara makin sejuk, seperti biasa kalo udah liat yang ijo-ijo udah mulai excited. 

Jadi, Kasumi ini terletak di Ds. Kemasan Tani, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. Dari pertigaan Kemasan Tani belok ke arah selatan sekitar 7km. Kasumi adalah Restaurant dan Objek Wisata seluas 30ha milik Hendra Setiawan yang dibangun di kaki Gunung Welirang.

Seperti dikutip dari antarajatim.com
"Konsep agrowisata yang diusung berupa perpaduan wisata perkebunan dengan berbagai jenis tanaman khas daerah setempat seperti durian, manggis, dan rambutan, berikut kolam ikan hias serta restoran. Obyek wisata dan restoran ini diberi nama Kasumi.
Pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan alam berhawa sejuk, tapi juga menikmati hasil kebun yang ada. Sedangkan untuk menyusuri kawasan perkebunan, terdapat jalan setapak dari petak semen yang tertata rapi.
Setelah menyusuri kawasan kebun, pengunjung dapat menikmati aneka makanan yang ditawarkan Restoran Kasumi dengan menu utama ikan gurami dan ikan patin baik goreng, bakar, maupun acar.

Selain itu, ada pula menu spesial "Java Classic" seperti pepes tongkol, rawon, sop buntut, sayur lodeh, trancam, bothok jeroan, krengsengan dan lain sebagainya.Aneka jenis minuman juga dapat dipesan di resoran ini seperti berbagai jenis jus, minuman dingin dan panas, seperti jus durian, jus alpukat, kopi, teh, es kelapa muda dan lainnya."
Pemandangan Selama Perjalanan Menuju Kasumi
Kasumi, singkat padat dan gak jelas namanya. hehe.. Awalnya firii pikir restaurant biasa gitu, dengan konsep depot kota yang udah banyak beredar dimana-mana. Tapi, semua pikiran mulai terbantahkan sejak pertama masuk pintu gerbang.. Kesan wow, hilang berganti dengan kesan serem dan mistis. hehehe.. Gimana ngga serem, sepi banget disini. Apalagi waktu pertama nyampe, mobil rombongan kami yang pertama datang, waktu itu sekitar jam 11.30. 

Setelah turun dari mobil dan sempat berfoto sebentar (ceritanya firii jadi juru foto bapak-bapak estewe kece yang lagi reuni. dan Ayah, yang satu-satunya ajak keluarga. duh!) akhirnya kesan wow mulai muncul lagi waktu lihat kiri kanan lahan durian, buah naga dan entah buah apa lagi disana ngga paham.


Salah Satu Sudut Tempat Parkir
Masih di tempat parkir aja udah bagus lho pemandangannya, gimana di dalam ya??

Jalan Dari Gerbang Masuk Menuju Tempat Parkir


Makin bertambah penasaran, makin masuk kedalam senyum dibibir makin pecah jadi decak kekaguman yang luar biasa. Penataan tempat makan ini sebenernya ngga terlalu rapi, tapi kesan natural-nya malah makin dapet.

Jalan Masuk Dari Parkir Ke Restaurant
Waktu pertama kali masuk ke area restaurant setelah dari parkir, kita langsung dihadapkan sama kolam, awalnya firii kira kolam renang ternyata kolam ikan. Di sebelah kanan kolam ada tempat duduk restaurant, bagi pengunjung yang mau makan pake meja kursi dan melihat pemandangan kolam ikan.
AyBund Nampang di Samping Kolam Ikan


Di Kasumi, juga disediain tempat bagi pengunjung yang pengen lesehan. Tempatnya di sebelah kiri kolam ikan, ngelewatin dapur dan kasir restaurant dulu kalo mau kesana, tapi tenang jalannya ngga jauh dan pemandangan juga ngga kalah ciamik deh.

Jalan Menuju Tempat Lesehan

Kolam Ikan Depan Lesehan
Di depan lesehan juga ada kolam ikan lagi, sayangnya airnya keruh, ngga sejernih kolam ikan yang depan tadi. Tapi.... pertama kali firii sampe disini, langsung teriak Subhanallah!!! Sumpah pemandangan dari sini kelihatan bagus banget, ada lembah, Gunung, lahan Durian. Oh Alloh.....! I cannot stop Yelling Your Name. Bener-bener indaaaaaah bangeeeettt... Lebih indah dari yang bisa diabadikan kamera hape firii. Firii jepret cuma pake Ipin sama Samsul aja, jadi ya hasilnya sewajarnya lah.. But trust me! Buktikan sendiri kesana dan kamu pasti ngga akan kalah takjubnya dengan firii. jangan lupa ajak firii




Di area ini juga disediain kok, meja kursi buat pengunjung yang pengen makan sambil live menikmati keindahan karya Tuhan. Aaaah.... Baguuusss. Firii ngga henti-hentinya bilang Bunda kalo pemandangannnya bagus bangeeettt. Dan memang iya, bagus beneran. Apalagi waktu itu ngga mendung jadi langit cerah, Gunung Welirang di kejauhan kelihatan jelas banget. Subhanallah!! Ngga nyesel deh tadi dipaksa Ayah ikut. *peluk cium Ayah kesayangan*

Oke oke, menikmati keindahan panorama yang disajikan, udah. Sekarang giliran menikmati sajian makanan yang dijual di Kasumi. Firii review ya..

Pertama: Service Quality. Pada dasarnya pelayanan disini cukup baik, walau ada satu mbak waiters-nya yang kurang ramah yaa, dianya ditanya banyak gitu (maklum kami ber15) jawabnya agak sewot, yaa.. mungkin dia lelah ya. *tapi kan baru buka tempatnya, kita pengunjung pertama lho*

Kedua: Hygiene. Sebagai anak kesehatan (halah...). Tempatnya cukup bersih walau ada beberapa debu tebal dan rumah laba-laba di pagar lesehan sih, sempet ngintip dapur juga lumayan bersih. Soal higienisnya makanan, ngga sejauh itu ngintipnya :p. Kebersihan penyajian, piring gelas cukup bersih dan ngga bau sabun juga.

Ketiga: Serving Time. Sory to say, Lamaaaaaaaa... 11.30 order, 12.30 kita harus sudah puas dengan ngemil tahu goreng 1porsi (karna cuman itu doank yang dianter, kurang tau alasannya kenapa dia sendirian yang diantar). 12.50 Minuman datang. 13.05 Makanan part1. 13.15 Makanan part2.

Setelah santap santap.. waktu itu pesanan kami, Gurami Bakar Kecap 2prs, Ayam Goreng sambal 2prs, Gurami Goreng, Terong Sambal 3prs, Pecel, Sambal Pencit, (3menu lain yg firii lupa), Jeruk Hangat, Jus Durian, Teh Hangat (Jus Alpukat, dan Jambu Merah kosong)

Keempat: Taste. (Ini diripiuw murni pake lidah firii, jadi untuk selera dan respon yang berbeda dipersilahkan). Gurami bakar kecap nya so-so lah 2.5/5, Tahu goreng nya cirspy banget 3/5, Sambel Pencit kurang pedas 3/5, Terong sambal lumayan enak 3/5 (firii nambah 2 :)), Pecel standard 2/5, Gurami Goreng 4.5/5. Jeruk Hangat 4/5. Jus Durian (menurutku lebih tepat dibilang bubur durian, tapi ajib) 4/5.

Kelima: Price. Ini juga relatif sih ya. Kalo menurut firii pribadi worth it lah, selain jual masakan yang menurut lidah firii lumayan enak, Kasumi juga jual pemandangan yang priceless banget. Untuk harga makanan under 100k, untus Juice up to 25k, (yang laen ngga ingat).

Keenam: Place. I give 5/5. Biar foto saja yang berbicara ya. :))))))))))

Dan taraaaa jam 2 sudah dengan sangat menyesal harus segera pulaang, Oh meeen... aku kalo ditinggal disini dua-tiga hari lagi gitu mau kok, sumpah mau. I promise i'll go there again, soon.

*menyesal sekali ngga bisa foto makanannya, entah karna kelaperan banget atau karna terburu-buru harus ngejar waktu jam2 musti balik Jombang karna ada kondangan*

Kesimpulannya
(+) Landscape nya juara!!
(+) Landscape!
(+) Landscape!

(-) Ngga ada penginapan disini, coba ditambah penginapan pasti asyik. Pengunjung hanya bisa camping, kalo bawa baby repot ya.
(-) Mba waiters, senyum dikit lagi donk.

Kasumi: ***
Kesini lagi?? IYYAAAAAA PASSTTIII..!!!

another pics.







Parkir Mobil Waktu Siang Penuh Banget


x.o.x.o