Sunday, March 29, 2015

Pancake Homemade with Topping Suka-Suka

Assalammualaikum cantik,..  
Lagi sehat semua kan yaa? aamiin

Musim hujan gini, rawan sakit lho. Jadi musti pinter-pinter jaga kesehatan ya cantikk.

Ngomongin soal musim ujan, musim hujan itu bikin pengen ngemil terus, siapa yang samaan doyan ngemil juga hayoo ngaku?? apa? enggak suka ngemil kak..?? iih kakak peres deh.. Gimana ga mekar ini badan coba. Seminggu bisa naik 1kg kalo diturutin terus mulutnya, bayangin berapa kilo naiknya kalo musim ujannya sampe 6 bulan. *browsing sedot lemak*

Tapi gapapa deh, montok montok dikit yang penting kaan sekseh sehat ya kaak?? Wkwkwk

Firii duoyan banget sama yang namanya pancake, kalo ngemol (ceilee anak emol) mesti nyempetin beli pancake. Nongkrong ngopi pun ngga pernah kelupaan ngemil pancake.
*ngemil bok!*


Nah.. Sebagai pecinta pancake sejati, kurang afdhol rasanya kalo nggabisa bikin sendiri. Akhirnya, dengan semangat boyband jadilah nyoba nyoba bereksperimen bikin pancake. Belajar buat bikinin suamik nanti gitu. *salim atu atu*

Kali ini firii mau share resep eksperimen pertama kemarin bikin pancake homemade dengan topping ice cream durian, jelly dan coklat, yang enaknya se (n)Diwek...
*dibikin dewe dipuji dewe* #iyainajah

Bahan Pancake:
1. 100gr tepung terigu
2. 250ml susu cair
3. 1 butir telur, dipisah kuning dan putihnya
4. Garam secukupnya
5. Gula secukupnya (sesuai selera)
6. Margarin untuk olesan

Bahan Topping (sesuai selera):
1. Ice Cream Durian
2. Nutrijel Blackcurrent with Yoghurt
3. Nutrisari Fruits & Veg Jelly
4. Coklat batang
5. Syrup Lychee (bisa gunakan syrup maple/sesuai selera)

Cara Membuat Pancake:
1. Campur rata dan aduk tepung terigu, garam, gula, kuning telur dan susu dengan ballon whisk/spatula kayu/mixer kecepatan rendah.

sumber: wikipedia.com

2. Kocok putih telur sampai kaku.
3. Masukkan sedikit demi sedikit putih telur kedalam adonan terigu, aduk rata sampai tidak bergerindil.
4. Panaskan teflon/loyang datar, oles dengan margarin (sedikit saja agar tidak gosong), nyalakan api yg paling kecil.
5. Tuang adonan sekitar 2 sendok sayur ukuran kecil, tutup sebentar. Pastikan api rata dan tetap kecil.

sumber: bakelicious.com

6. Balik adonan, jika sudah mulai beruntusan dan mengeras pinggirnya.


adonan pancake setelah jadi
7. Angkat adonan, tata di piring dan hias dengan topping yang sudah disiapkan. Jangan lupa dioles margarin sedikit dipermukaan pancake nya.
8.Pancake siap disajikan
Dan inilah taraaaa...penampakan dari
Pancake homemade a'ala dhekfirii with Durian ice cream, jelly, chocolate and lychee syrup.

Walau platting nya masih jelek, tapi rasanya luaarrrr biyasah. :D

Oiya, karena ngga profesional punya teflon ukuran kecil jadinya bentuk pancake nggabisa bulat sempurna, trus sepertinya kurang adukan adonannya, jadi hasilnya sarang pancake nya terlalu banyak, tapi baliknya mulus kpk dan coklat sempurna kaya' di restoran gitu. Tapi sayang ngga kefoto, udah ngga tahan pengen ngelahap hehe... Pas bikin adonan juga nggabisa fotoin, tangan belepotan semua. Maklum amatir, pancake nya seloyang kotornya sedapur.
*senyum polos*

Okay cyiint. Yang jelas kali ini misi berhasilll.... *lala yeyeye* Perut kenyang hati senang. Dada babai cantikk.. Selamat mencoba juga ya..

x.o.x.o
firiijb