Wednesday, June 10, 2015

Menikah...?!! Guwe musti ngapain ajaa...??

MENIKAH...?? Ow..Em..Ji... Firii Menikah?? *zoom in zoom out* *backsound macem di sinetron*


Yap... Akhirnya setelah mengembara ke gurun sahara bertahun-tahun lamanya, setelah semedi di goa suci berbulan-bulan dalam sunyi, dan setelah puasa Ramadhan sebulan penuh :D, akhirnya Firii laku menikah juga pada tanggal 17 April 2015 kemarin. Alhamdulillah.. Yeaaay...

Jadi, siapakah pria beruntung yang mampu meluluhkan hati Raisa ini? *kibas poni* *abaikan*

Well,.. postingan ini bukan mau menceritakan betapa bahagianya si empunya blog karna setelah menjomblo kronis sekian lama akhirnya menikah juga.. ehem.. walau emang bahagia sih. Tapi disini firii mau mengupas tuntas setajam silet, haha, overview aja tentang Apa Aja Sih Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Pernikahan...??

Ternyata.. oh Ternyata, Menikah tidak seindah khayalan (ketauan kalo suka ngayal tentang nikah), Bukan, bukan menikahnya yang ngga enak. Tapi persiapannya yang bener-bener menguras lemak energi, waktu, pikiran dan biaya pastinya, dag-dig-dug nya, dan yang pasti-super-pasti adalah R-U-W-E-T nya itu juara bookkk! *kecuali kitorang anak raja lain cerita kali ya*. Tapi karena firii bukan anak raja, firii cerita sedikit tentang persiapan pernikahan firii.

Budaya Jawa, firii orang Jwa Timur, yang bakal paling ruwet adalah keluarga perempuan karena akad dan resepsi bakal digelar di daerah/rumah capeng (red:calon pengantin) perempuan, walau ngga menutup kemungkinan sih kalau acara digelar di daerah capeng lelaki, tapi pada umumnya tidak. Keluarga laki-laki biasanya mengadakan unduh mantu, bisa berupa resepsi juga atau hanya tasyakuran, pada intinya acara ini adalah keluarga pengantin laki-laki menerima dan menyambut pengantin perempuan di keluarganya.


Hal-Hal Yang Harus Disiapkan Dalam Mengadakan Pesta Pernikahan
*disclaimer: Data ini hanya gambaran kasar belaka dari saya. Kebutuhan pengadaan pesta pernikahan sangat relatif terhadap keluarga, keinginan, budaya, dsb. Biaya dan Syarat yang saya cantumkan juga hanyalah harga wajar menurut versi saya, bukan berarti pasti biayanya segitu dan tiap daerah mempunyai kebijakan masing-masing. Kebetulan saya sendiri berdomisili di Jombang, jadi sebagian besar yang saya tulis adalah mengenai Jombang (Diwek:red)*

AKAD NIKAH 

1. Calon Pengantin
dan pastikan dari kaum berbeda jenis, dan seiman dan bukan muhrim kita! :)
Hahahaha! Ini sounds weird, tapi syarat mutlak loh. Kalo ngga ada yang satu ini, modelan gimanapun, duit sebanyak apapun gak akan bisa membuat pernikahan terwujud.. *yaiyalah*
Kenapa sih Firii, hal yang udah pasti gini kok dimasukin syarat?? Well, jadi jaman sekarang ini udah jamannya orang pada pinter-pinter, yang kawin kontrak, yang kawin via telfon, dan sejenisnya yang saya ngga ngeh, Trus sebagai Muslim, dan WNI yang baik, hendaknya kita menikah dengan yang berlainan jenis kelamin, walau di negara antah berantah sana pernikahan sejenis dibolehkan, tapi Tuhan dan agama kita melarang, juga terlebih dengan pernikahan sedarah, ini secara medis sudah banyak pembuktian bahayanya. Sila googling sendiri.

2.Tanggal dan Tempat Dilangsungkannya Pernikahan
Kalau sudah soal tanggal ini biasanya orang dewasa yang berkuasa, kita mah manut aja. Apalagi kalo embah masih kejawen, widih.. ngitungnya bukan cuman soal weton, musti puasa dulu biar dapat ilham. tapi pada dasarnya semua hari baik, dan yang terbaik adalah hari Jum'at. Untuk tempat, mayoritas dilakukan di tempat calon pengantin putri, tapi tidak menutup kemungkinan sebaliknya. Tanggal ini adalah patokan dimulainya kepanikan dan ke-hectic-kan serba-serbi pernikahan, sebelum tanggal ditetapkan, semua masih di angan dan khayalan. Tapi kalo tanggal sudah pasti, harus mulai terjun lapangan. Wake Up!! No time for day-dreaming.

3. Surat Numpang Nikah (KUA)
Numpang Nikah? Lucu ya namanya.. Di Indonesia ini, ada aturan, kalau kita menikah tidak di tempat yang Kecamatannya sama dengan KTP kita, maka kita harus membuat surat numpang nikah. Trennya orang-orang jaman sekarang memang jarang sepertinya yang mau mengadakan Ijab Qobul di KUA, lebih praktis dirumah atau di Islamic Center/Masjid. Ngga lucu kan kalo sudah dandan menor cantik trus antri di KUA. Meskipun di KUA, apabila salah satu calon mempelai berdomisili diluar kecamatan kita, tetap harus membuat surat numpang nikah.
Proses ini agak rumit sebenarnya. Ringkasnha sih, harus ke RT, RW, lalu bisa membuat surat numpang nikah dr Kelurahan dan Kecamatan, baru habis itu boleh diberikan di KUA daerah tempat akad akan dilaksanakan. Bingung? SAMA. Jadi simpelnya gini, surat numpang nikah itu dibutuhkan ketika ada salah satu calon tidak menikah di domisilinya sesuai KTP. Kalo kebetulan kedua calon pengantin tinggal di desa yang sama, RT dan RW juga sama? Good! Berarti Pacar Lima Langkah *kemudian nyanyi*, berarti tidak perlu surat numpang nikah, karena kalian nikah di daerah kalian sendiri. Masih bingung?? Tanya langsung ke KUA aja deh ya, sumpah bapaknya lebih enak jelasinnya.
Biasanya yang orang pertanyakan itu biayanya. Negara kita itu sudah menetapkan biaya menikah itu 0 Rupiah. Tetapi syaratnya itu susah. Pernikahan gratis adalah pernikahan yang dilaksanakan di kantor KUA, pada hari kerja dan jam kerja. Selain itu, tidak berlaku.
Di rumah firii (Balongbesuk, Diwek) biayanya untuk akad dirumah adalah Rp.850.000,- (Tahun 2015), di Talun Kidul-Sumobito, sebesar Rp.950.000,- (Tahun 2014), di Dongeng-Jogoroto dan Bandung-Diwek Rp. 600.000,- (Tahun 2013). Firii dengar dari teman, di Surabaya bisa sampai 1,2 juta. Biaya ini belum termasuk biaya untuk mengeluarkan dan mengurus surat numpang nikah. Dan, ada beberapa daerah yang tidak memperbolehkan akad dirumah, seperti di Sooko-Mojokerto tahun 2014 silam, salah seorang teman harus akad dikantor KUA.

Syarat Numpang Nikah
a. Foto 2x3 background merah, 6lbr
b. Foto 4x6 background merah, 3 lbr
c. Fotokopi KTP 2lbr
d. Fotokopi KK 2 lbr
e. Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhri, 2 lbr
f. Fotokopi Akta Lahir, 2 lbr
g. Surat N1, N2, N3 Capeng Laki-laki (Minta ke bagian Kesra di Kantor Desa/Kelurahan)
h. Surat Numpang Nikah (dari Desa)
i. Surat Keterangan belum menikah (dari RT/RW) *bagi yang belum pernah menikah sebelumnya*

4. Daftar Nikah dan Rapak di KUA.
Berkas sudah siap, 1-2 bulan sebelum hari pernikahan kamu harus daftar dulu ke KUA, untuk dijadwalkan dan dapat pengarahan lain sebagainya.
Rapak. Entah apa namanya kalo di daerah lain, kalo disini sitilahnya rapak. Intinya, kedua calon pengantin dan wali capeng perempuan datang ke KUA, dapat wejangan-wejangan dari Kepala KUA sebelum menikah trus tandatangan berkas, dan mencocokkan foto capeng dengan yang didaftarkan. dsb. Ini biasanya 1bulan sebelum menikah. Bila calon jauh, minimal salah satu mewakili.

5. Penghulu 
Penghulu biasanya sudah sepaket sama ketika kita daftar KUA. Pada dasarnya penghulu tidak perlu dibayar lagi, tetapi yah namanya orang Indonesia, gak enak kalau sudah merepotkan dan ngga ngasi amplop. Besaran amplop bebas tergantung masing-masing keluarga sebenarnya.

6. Saksi

7. Mahar/Mas Kawin/Seserahan
Mahar atau mas kawin adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki (atau keluarganya) kepada mempelai perempuan (atau keluarga dari mempelai perempuan) pada saat pernikahan. Istilah yang sama pula digunakan sebaliknya bila pemberi mahar adalah pihak keluarga atau mempelai perempuan. wikipedia.com
Mahar yang menentukan memang pihak perempuan, tapi harus disesuaikan dengan kemampuan pihak laki-laki. Akan sangat keliru, bila kita mempersulit pernikahan karena urusan besarnya mahar. Memang, mahar merupakan kesanggupan laki-laki untuk menafkahi perempuan, tapi jangan jadikan ajang gengsi untuk berlomba meminta mahar yang besar.
Rasulullah SAW dalam salah hadits beliau berpesan; "Wanita yang paling agung barokahnya, adalah wanita yang paling ringan maharnya." (HR Ahmad, Al-Hakim, Al-Baihaqi, dengan sanad sahih).
Dalam hadist lainnya,
Rasulullah SAW bersabda; "Seorang wanita yang penuh barokah dan mendapat anugerah Allah Azza wa Jalla, adalah yang maharnya murah, mudah menikahinya, dan akhlaqnya baik. Namun sebaliknya, wanita yang celaka adalah yang mahal maharnya, sulit menikahinya, dan buruk perangainya."
Untuk urusan yang satu ini, Firii meminta mahar seperangkat alat sholat, alqur-an dan terjemahannya, perhiasan. Untuk besaran, biaya dan jenisnya firii pasrahkan pada kemampuan calon firii. Di beberapa daerah, mahar bisa diberikan oleh pihak perempuan kepada pihak laki-laki, dan beberapa adat/budaya ada yang mempunyai ritual pemberian mahar, misalkan, meminta pemotongan 13 ayam jago untuk dieserahkan, ada yang meminta ayam jago dikalungin kalung emas, ada yang meminta Kerbau tiga warna dsb. Tapi yang paling lazim memang seperangkat alat sholat dan perhiasan.

8. Wedding Rings
Cincin pernikahan memang tidak wajib, hanya pernik pelengkap. Bukan budaya islam sebenarnya, tapi sudah melekat di kehidupan kita. Simbolisasi kepemilikan satu sama lain, dan juga sebagai warning bagi orang lain.. "STOP!! saya sudah punya harder pasangan.
Urusan cincin ini memang sedikit ribet. Pasalnya, laki-laki diharamkan memakai perhiasan emas, emas putih, perak dan batuan mulia lainnya. Jadi, setelah debat diskusi yang cukup alot dan panjang, akhirnya diputuskan kami akan menggunakan tungseng/titanium yang akan dibeli di India dan ini tugas si masnya yang nyari, oohh tapilah tapi.. disana ukurannya jumbo dan bold sekali, ngga ada ukuran jariku yang uimut ini. dan jadilah jadi.. firii yang musti nyari disini, setelah browsing dan tanya sana-sini, akhirnya nemulah Cincin Palladium.

Untuk lebih lengkapnya mengenai cincin pernikahan muslim dan tempat pemesanannya, silahkan baca disini

RESEPSI
1. Tempat
Tempat ini adalah sesuatu yang paling utama. Sebelumnya tentuin dulu, apakah acara resepsi akan digelar dirumah atau akan dilaksanakan di Gedung, Jika di Gedung, kamu harus sudah cari-cari pertimbangan gedung mana yang akan kamu gunakan. Jangan Ndadak!! Yang mau nikah bukan hanya kita aja, apalagi kalau kamu merencanakan pernikahan di bulan-bulan mainstream, kamu harus sudah booking Gedung paling lambat 6 bulan sebelumnya. Gimana kalo penentuan tanggal pernikahan baru 3 bulan menjelang Hari-H? Boleh saja, tapi kamu harus punya plan A, plan B, dst, untuk berjaga-jaga kalo Gedung yang kamu inginkan sudah penuh disewa orang. Kalo kamu ngotot tetap ingin menggunakan gedung itu, berarti kamu harus rubah tanggal pernikahan, yang.. well.. saya yakin ini lebih susah daripada mengganti opsi gedung.
Pemilihan Gedung jangan hanya berdasarkan gengsi, perhitungkan juga jumlah undangan yang akan hadir, juga bagaimana dekor yang kamu inginkan. Biasanya, gedung pertemuan medium itu berkapasitas antara 750-1200 orang (INGAT!! jumlah orang, bukan jumlah undangan)
Setelah tawaf keliling Jombang, akhirnya firii memilih gedung PSBR. Yang ini juga dengan pertimbangan banyak sekali.

Mau tau perbandingan info, lokasi, harga dan gambaran gedung-gedung resepsi di Jombang, baca lebih lengkapnya disini

2. Dekor
Jika sudah menentukan tempat, maka hal kedua yang harus ditentukan adalah dekor. Sebelum memilih dekor, tentukan dulu thema apa yang akan kita pakai dalam resepsi pernikahan, dan matchingkan dengan dekor yang akan kita pilih. Apakah kita akan menggunakan adat Jawa, Padang, Western, atau Modern minimalis dsb. Biasanya Dekor pelaminan juga disediakan oleh penata rias-nya, tapi tidak ada salahnya juga jika kamu mau menggunakan vendor yang berbeda.

Untuk lebih lengkap mengenai perbandingan harga, contoh dekor yang bagus di Jombang, silahkan baca disini

3. Catering
Nah, urusan satu ini adalah yang paling crucial. Undangan akan datang untuk menyantap dan mengomentari hidangan yang kita suguhkan di Resepsi, dan ini sudah jadi rahasia umum. Meskipun make up kamu ngga rata, baju kamu agak kedodoran, dekor kamu agak lecek, orang ngga akan berargumen panjang. Tapiiiii.... kalo suguhan kamu ini ngga layak atau habis sebelum waktunya, hhmmmm... komentarnya nusuuukkk!! So, untuk menyiasatinya firii akan sharing beberapa tips.
a. Jangan sungkan tanya sana sini.
Ga usah jaim, gausah males kalo mau perfect, walau memang ngga ada sesuatu yang sempurna tapi minimal kita puas. Semakin banyak ide/masukan (dari yang trusted lho ya) maka kita akan punya banyak perbandingan untuk dicoba.
b. Kalo kondangan, jangan malu minta kartu nama/brosur cateringnya.
Nah ini bagian enaknya. Kalo kita lagi ke kondangan pasti kita akan incip makanan mereka, jangan sungkan incip-incip semua makanan, dan jangan sungkan minta kartu nama/brosur vendornya, pasti mereka dengan senang hati ngasi kita. Kalo acaranya dirumah, jangan sungkan tanya sama pengantinnya (nanti ya lepas nikah, jangan rumpik di kwase nya) mereka pasti akan nunjukkin entah itu catering, personal, atau bahkan mungkin ortu mereka sendiri, kalo kamu cocok, kenapa tidak.
c. Pastikan pesanan porsi sesuai dengan jumlah undangan.
Ini wajib 'ain untuk diperhatikan. WAJIB!. Kita harus menghormati undangan, mereka sudah meluangkan waktu dan bersimpati untuk datang ke acara kita, bukan hanya sekedar doa, tapi meluangkan WAKTU, ini yang penting. Jadi, kita harus memuliakan tmau undangan kita, meskipun tidak bermewah-mewahan, semampunya kita, tapi berilah sepantasnya, berilah yang terbaik. Lebih baik memakai dekor, gedung, pakaian, riasan yang sewajarnya tapi lebihnya uang kita gunakan untuk menjamu tamu undangan.
Hitunglah dengan benar, jangan mengurangi jatah porsi. Bila undangan kita 500orang, maka kita harus mempersiapkan 2x undangan, yaitu 1000porsi. Dan bila kita menggunakan sistem prasmanan, maka kita harus menyiap 1000porsi untuk setiap menu yang kita hidangkan, bukan 1000porsi dibagi kedalam beberapa menu. Meskipun, undangan tidak mungkin akan hadir semua, tapi jangan terlalu ekstrim mengurangi jumlah porsinya, biasanya antara 80-90% dari jumlah orang (bukan undangan). Jika memakai vendor, maka mereka akan lebih paham, silahkan didiskusikan.

Yang pingin tau catering mana saja yang recomended di Wilayah Jawa Timur, harganya, contact numbernya, pilihan menunya, baca disini.

4. Make UP dan Wardrobe
Naah... ini yang paling menarik bagi saya, -dan mungkin bagi wanita lainnya-, urusan rias merias, baju dan pelengkapnya adalah yang paling menyenangkan dan mungkin sedikit ribet detailnya. Terlebih, jika capeng pengantinnya cerewet kaya' saya :D
Saya membandingkan sekitar 9 perias kondang di Jombang dan sekitarnya, karena saya malas ribet, jadinya saya menginginkan vendor rias yang juga menyediakan dekor panggung pelaminan, sehingga ini membuat banyak sekali pertimbangan dan membutuhkan waktu yang lama sampe sebelum saya meneguhkan hati menggunakan "Cleopatra", ada saja plus minusnya, Rias nya bagus, dekor jelek. Giliran dekor bak istana, rias nya kurang sreg. Begitulah, namanya juga cerewet. wkwk..
Tema yang saya pilih adalah Jawa Muslim Modifikasi, saya ingin menggunakan baju pengantin Jawa, dan dekor yang benar-benar jawa. Begtiupun make up saya juga ingin yang njawani, make up kuning langsat khas pengantin jawa, dan bibir yang merah merekah. Sedep.
Saya hidup dan tinggal di jawa, tapi mencari dekorasi dan perias jawa malah agak susah. Semuanya sudah beralih pada westernisasi, modernisasi. Meskipun pernak perniknya jawa, misal: paes ageng, sunduk pentul, make solo putri, tapi make up nya sudah kebaratan.
Perias bisanya sudah mematok harga satu paket untuk rias capeng, ortu dan besan, baju.

Beberapa perbandingan perias di Jombang dan sekitarnya, harga, hasil, kontak, baca disini

5. Dokumentasi
Ketika mengadakan suatu resepsi, semua hal akan hilang. *kecuali kalo kalian mau nikah lagi*. Baju, souvenir, undangan, makanan, make up, bahkan dekorasi. Tapi foto dan video itu selamanya akan ada. Itu satu-satunya peninggalan pernikahan yang bisa mengingatkan kalian pada pernikahan itu sendiri. Jadi be wise dalam memilih vendor foto.
Vendor dokumentasi? BUANYAK BUANGET.
Biasanya perias juga sudah menyiapkan jasa fotografi yang bekerja sama dengan mereka, kita mau menggunakan atau tidak itu pilihan kita. Untuk hasil, saya kira semua fotografer sekarang sudah profesional, alat canggih, hasil sama bagus, sekarang juga sudah menggunakan album magazine. Jadi yang ini, mutlak selera masing-masing.
Tapi sebagai bahan masukan, di Jombang ada Sinar Bulan Foto, Modern, ideA, dsb. Harga juga sangat relatif sekali, mulai dari 800rb - 40jt. Untuk Video, mulai dari sekitar 1jt-an - 10jt

6. Souvenir dan Undangan
Hal terakhir yang menurut saya perlu dan wajib ada di resepsi ya ini. Souvenir dan Undangan. Pertama-tama mari bahas Souvenir. Rata-rata pernikahan sekarang sudah tidak memberikan souvenir seperti dulu lagi. Sekarang trend-nya photobooth. Jadi tamu undangan membawa pulang selembar foto yang diambil pada saat resepsi berlangsung.
Harga photobooth tentu saja bervariasi. Normalnya sih kalau vendor-vendor kawakan semacam moments to go atau the angel factory akan mematok 4.5-5juta untuk unlimited 3 jam foto. Tapi ada banyak vendor-vendor kecil sekarang mulai berdatangan dan memberikan tarif yang murah, sekitar 3-4juta untuk unlimited 3 jam foto.
Tapi apabila kalian tipe-tipe yang ingin memberikan souvenir yang bukan photobooth seperti itu, maka ya range harganya variatif. Tapi biasanya sih semurah-murahnya (misalkan souvenir towel itu loh) itu harganya 2rb/pc. Pendapat saya sih, kalau emang mau murah, ya DIY (Do It Yourself) aja. Harga souvenir variatif sekali. Ada juga yang souvenirnya boneka pernikahan dan harganya 40rb/pc. Saran bodoh dari saya, berilah souvenir yang bermanfaat untuk undangan. Atau kue cantik, itu akan sangat bermanfaat sekali bagi orang-orang seperti saya. Hahahaha
Untuk undangan, itu mirip-mirip dengan souvenir. Variatif. Tergantung spek, dan request. Kalau softcover dirasa cukup, ya ada kok yang harganya 1400/pc. Kalau mau hardcover, ya mungkin 5000-10.000/pc. Tapi ada juga beberapa org yang luxury membuat undangan yang harganya 20rb/pc. Balik ke budget masing-masing. Tapi menurut pendapat saya sih, biasanya undangan toh dibuang juga. Hehe.
Kalau pusat souvenir di Jombang yang murce dan recomended, saya kurang tau. Saya langsung ambil di PGS Surabaya/di Jogja, karna harga dan kualitas lebih worth daripada yang pernah saya tau di Jombang.

Yang mau tau tempat cetak undangan dengan harga miring di Jombang, feel free to ask.

7. Entertainment
Sebenarnya menurut saya ini hanya pemanis saja. Toh biasanya orang juga kurang memperhatikan wedding singer di pernikahan. Tapi apabila memang menginginkannya, tarif Band untuk soundsystem 3000W (untuk rumah biasanya 1000-2000W, gedung kecil 3000W, gedung besar 5000-6000W) harganya normalnya sih 4juta (biasanya akustikan). Sedangkan untuk Band 6000W, biasanya kisaran 6juta. Lumayan mahal memang, karena itu banyak yang menggunakan organ tunggal, atau mengambil paket yang ditawarkan make up (biasanya vendor make up ada paket plus Electone). Atau mau hire firii buat nyanyi? #kedipkedip

8. Mobil Pengantin
Ada beberapa orang yang mau mobil pengantinnya mewah, ada yang pakai mobil sendiri aja. Untuk penyewaan mobil pengantin, biasanya mobil-mobil sekelas Alphard dsb itu harganya 1-1.5juta/12 jam sewa, sudah termasuk hias. Tapi kalau pakai mobil sendiri, hiasannya sekitar 150-500rb.

9. MC
Kehadiran MC biasanya dianggap kurang penting di pernikahan, padahal tanpa ada MC, acara akan jadi kacau. Ada beberapa paket Make Up yang sudah termasuk MC, tapi kalau tidak, tarif MC biasanya 1-6juta. Apabila Akad dan Resepsi terpisah jauh, maka lebih mahal lagi. Firii, dapat MC seharga 450rb, panggih manten plus resepsi. Worth it!!

10. Penginapan Keluarga
Ini sih, variatif ya. Tapi karena keluarga calon suami firii berasal dari jauh, jadi harus mempersiapkan akomodasi penginapan selama acara di Jombang. Ada dua pilihan, yang pertama menginap di hotel, atau yang kedua adalah disewakan rumah. Tergantung dari banyak keluarga yang hadir dan lamanya tinggal. Pilihan sewa rumah itu cocok bila jumlah keluarga yang datang banyak, dan butuh waktu yang lama (acara akad dan resepsi berbeda hari), keluarga juga bisa berkumpul jadi satu dalam satu rumah. Firii akhirnya memutuskan menyewa Rumah Jadul, di Jln. K.H. Ahmad Dahlan.

Mau tau gimana penampakan rumahnya, harganya dan lokasinya, silahkan baca disini.

Jadi kurang lebih itulah yang perlu dipersiapkan untuk sebuah acara pernikahan, itu belum termasuk acara adat, seperti siraman, midodareni, panggih manten, dsb.
Ribet??? Iya pastinya, apalagi kalo diurusi sendiri. Gamau Ribett?? Jadi anak Raja deh, semua udah tersedia, hihi
Bukan anak Raja dan Gamau Ribet?? gak usah nikah aja Ada solusinya, tenang. Apa aja?
a. Wedding Organizer
Menggunakan jasa WO memang cukup menolong bagi kamu yang super sibuk, jauh dari keluarga lain, teman dekat yang sudah hijrah keluar kota. Mereka akan mencatat dan mencarikan semua kebutuhan kita, mulai dari catering, rias, tempat dsb. Kita akan diberikan beberapa pilihan dan msukan sesuai dengan budget yang kita tetapkan. Kita tinggal memilih, mereka lah yang lobbying plus menjalankan segala pertetekbengekan-nnya.Simple? Iya pastinya. Tapi, kita harus merogoh kocek lagi untuk membayar jasa mereka. Bugdet pas-pas-an? tenang, masih ada cara lagi.
b. Vendor all-in-one Package
Biasanya vendor itu juga multitalented udahan, misalnya aja rias, mereka juga sudah punya channel catering, foto, mc, dsb. Tapi kita tidak bisa memilih, hanya bisa menggunakan yang sudah tersedia. Dan ini biasanya lebih murah paketnya, yang jelas lebih simple. Smuanya vendor yang atur, kita tidak perlu lagi pusing memikirkan apa saja yang kurang/terlewatkan.
Gimana nih firii, aku males ribet tapi aku ga pingin pake satu vendor aja? Yap!! Firii masih punya cara lain, sini sini ikut firii.
c. Bentuk Panitia Kecil
Berdayakan keluarga, teman, kerabat dsb. Ini adalah WO gratis kalian, jadi fungsikan mereka, kerahkan seluruh tenaga fikiran mereka. *halah*. Yakin deh, kalo mereka sayang sama kamu, mereka pasti akan bantu. Kalo disayang lho yaa syaratnya.. wkwkwk. Karena ini adalah perhelatan besar kamu sekali seumur hidup, mereka pasti akan ikut excited. Minimal mereka akan kasi masukan, bantu ngingetin, nyiapin hal-hal kecil kamu. Jadi, mulai sekarang berbaik-baiklah dengan mereka. Trust me, kamu bakal butuh banget mereka, saat kamu duduk mejeng dipanggung pelaminan, orang-orang ini yang akan jungkir balik ngurusin dibelakang layar. Say thanks to them!
Gabisa sewa WO, Gamau make Vendor all-in-one Package dan Ga ada yang mau dijadiin panitia kecil pernikahan kamu?? Jangan desperate!
d. Berdoa
Ini adalah dasarnya dasar semua usaha kamu, jangan pernah tidak untuk berdoa memohon dipermudah, dilancarkan da ditolong oleh Alloh. Yakin deh, Alloh tidak akan mempersulit sebuah kebaikan, menikah adalah hal baik kan. InsyaaAlloh. Jadi secapek  apapun, se-stress gimanapun, jangan patah yakin bahwa ada Alloh selalu di setiap kemudahan yang kita inginkan, tugas kita hanyalah meminta.


So.. the last but not least, semangat yaa ladies -and guys- yang mau menikah, insyaaAlloh semua akan indah nanti, perjuangan ini worth it sekali, mengasyikkan kok kalo dibikin asyik. Selamat menanti pergantian status. Semoga diberkahi Alloh SWT. aamiin YRA

Estimasi Biaya Perniakahan, baca disini.


x.o.x.o
FiriiJB