Tuesday, October 27, 2015

Lapor Diri di KJRI Mumbai

Sea Link, semacam Suramadu nya Surabaya
Assalammualaikum, Cantiikk..

Apa kabar??? Musim sudah berganti banyak rupanya, dari musim ujan, musim panas, lewatin musim duren sampe sekarang musim kawin saya baru nongol lagi. iya iya tau.. maapkeun!

aaah... Rupanya rumah sini sudah banyak sarang laba-laba, tikus, gorila, sampe sarang..hae.. aja saking nggak pernah ditengok. Yeaah.. kehebringan dimulai sejak 7bulan lalu musti persiapan pernikahan (Whaaatt Nikah?? Idih, terakhir nulis masih jones sekarang udah kawin aja neng? Duh.) alhasil nulis cuman sekedar khayalan.
Dulu (dulu banget sih pas sibuk-sibuknya), pernah janji dalam hati nanti nulisnya setelah nikah lah minimal setelah mas cuamik balik kerja mau postingin minimal apdet nikahan. ternyata niat tinggalah niat.. kerjaan baru, thesis, dan berbagai kemalasan lainnya yang tidak dapat dihindarkan jadi penyebab semua ini. (cari kambing hitam!)

Sebenernya banyak postingan di draft sih yang lagi jejeritan nunggu finalisasi, tapi lagi dan lagi, bukan firii namanya kalo nggak males. Kemarin juga, sudah nawaitu nulis lagi. Pas ditanya suami dan yang lain-lain apa kesibukan setelah ini, dalam hati mantap banget nyebut nge-blog tanpa ragu, etdaah ini sudah mau sebulan disini juga baru terealisasi. Oiyaa cantiiks, btw anw firii sudah nggak di Indo ini, lagi ngintilin mas Cuamik di Mumbai. Hoyaa... berapa moment seru tuh yang ke skip. Nanti deh di-share pengalamannya atuk-atuk yaa, kali ini mumpung lagi mood nya nulis tentang ini, itupun setelah tutup mata pada setrikaan yang meluber, cucian piring yang numpuk, dan hayday yang terbengkalai.

di dalem taxi :p
Well, firii cuman pingin cerita perjalanan pertama di Mumbai, technically ini yang kedua sih. Yang pertama kemarin diajakin ama tetangga (Chandroukh dan Vikhran) belanja ke Hypercity, semacam Hypermart nya Indo. Tapi ini pertama kalinya naik taxi Intl. std. bedua aja ama mas cuamik (kenapa dibilang gitu? karena pake sedan dan Ac! lainnya? pake city car non AC. ) kemarin order taxi bandara, karna ini satu-satunya taxi yang "layak" dimari, kalo di Surabaya dia semacam Prima Juanda gitu.

Lanjut, jadi, ini hari ke empat firii mendarat di bumi Bollywood, setelah neylonjorin kaki dan coba megap-megap adaptasi ama cuaca di Mumbai yang syuperr Hot, akhirnya firii melakukan perjalanan pertama ini yaitu ke Consulate General of The Republic of Indonesia in Mumbai aka KJRI yang kebetulan adalah kantor mas cuamik. Rencananya sih, mau lapor diri gitu biar gak dikira imigran cantik ilegal 😋 plus setor wajah kenalan ama temen-temen kerja mas cuamik.

Karna mas cuamik takut istrinya yang semlohai (gendut:red) ini hilang nyasar atau diculik Tuan Takur dijalan, sedangkan nggak tau nomor telp-nya Inspektur Vijay jadilah rabu ini saya ngintilin kerja seharian. Yap! seharian ndoweh di bilik kerja suami sambil mesam-mesem mantengin ipet (ngegame hayday). kemanapun mas cuamik jalan, firii diajak sekalian dipamerin (yakaleee! kaya' punya istri sendiri aje) ke temen kerja mulai dari peon sampe pakbos.

Balik sejenak tentang lapor diri.

Apasih Lapor Diri itu??.. 
Jadi menurut yang saya tau, lapor diri ini wajib dilakukan WNI yang mau ijin stay di suatu negara untuk beberapa waktu (bukan sebagai tourist), misal kerja, sekolah, ataupun yang niatnya ngintilin suami sambil halan-halan tifiss macem saya begini. Biar tercatat di KJRI, nggak jadi imigran gelap.

Ngapain aja sih Lapor Diri itu??.. 
Cuma duduk, foto-foto, senyum-senyum sambil cuci mata kali aja ketemu artis cakeup *kemudian digemplang mas bojo*
Karna tujuannya laporan ya kita datang untuk ngisi buku laporan, trus wawancara ringan tentang keperluan stay apa, berapa lama, tinggal dimana, nomor hp berapa, sudah punya pacar belum. Setelahnya kita bakal dimintai ngisi formulir, tentang penjamin di Indo dan Sponsor kita di India, foto (siapin sendiri sebelumnya), TTD, paspor kita akan diminta buat dicap stempel yang menjelaskan bahwa kedatangan kita sudah diketahui dan disetujui sama kantor perwakilan. Kurang lebih seperti itu, kemarin soalnya mas cuamik yang sana sini ngurusin, saya cuman duduk mesam-mesem dsb.. spt diawal disebutin tadi. 😜

Bayar gak sih??..
Tentu saja tidak,.. tanpa dipungut biaya sepeser pun. Malah bisa dapat makan lho, kalo kita datengnya hari rabu, karna ada acara makan makanan Indo gitu tiap rabu di KJRI. Kalo kita beruntung sih.. hihi

Trus lapor dirinya berapa minggu sekali??..
Ini cuma dilakuin sekali aja pas diawal kita datang, nggak usah tiap minggu kecuali kalo niat cari makan Indo gerates tadi ya.. kebangetan itu sih. *Lol

Jadi gitu deh, sekelumit inpoh yang bisa firii bagi tentang kegiatan pertama di Mumbai, lapor diri di KJRI Mumbai.

x.o.x.o
Firii JB



Alamat KJRI Mumbai: 
19, Altamount Road, Cumbala Hill, Mumbai - 400 026. India.
Telp. (91-22) 2351 1678 / 2353 0900 / 2353 0940
Fax. (91-22) 2351 0941 / 2351 5862
Web. www.kjrimumbai.net